Telukkuantan- Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, H. Mursini hadiri acara penilaian sayang ibu tingkat Provinsi di Kecamatan Singingi Hilir, Selasa (22/10/2019) kemarin.

Kecamatan Singingi Hilir ini, merupakan Kecamatan yang terpilih sebagai utusan Kabupaten Kuansing, dalam penilaian sayang ibu untuk tingkat Provinsi.

Menurut Bupati, gerakan sayang ibu ini merupakan gerakan bersama antara pemerintah dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan.

Peningkatan itu dilakukan dengan cara menurunkan angka kematian ibu dan bayi melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya.

"Program ini akan berhasil jika masyarakat berperan aktif dan diperlukan partisipasi laki-laki. Program tersebut dikenal dengan "suami siap antar jaga" (suami siaga) dan masyarakat siaga, bidan siaga, warga siaga, serta Desa siaga yang dikoordinasikan oleh Kecamatan sayang ibu," ucap Bupati.

Bupati sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pemerintah Kecamatan Singingi Hilir, dengan mengupayakan penekanan angka kematian melalui inovasi-inovasi baru.

Terutama dengan mengutamakan pelayanan prima secara aktif bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan dan sudah terintegrasi melalui jaringan medsos.

"Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan inovasi yang telah diciptakan," kata Bupati.

Sehingga menurut Bupati, angka kematian ibu hamil dan ibu melahirkan tidak ditemukan. Kepada petugas, Bupati minta agar terus meningkatkan kopetensi, profesionalisme di bidang masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, menurutnya menyambut baik tentang penilaian ini, karena berkaitan langsung dengan masyarakat, sebab dapat diketahui sejauh mana pencapaian program yang diberikan Dinas terkait.

"Kepada tim juri kami ucapkan terima kasih, karena telah datang ke tempat kami dan kami berharap agar dapat memberikan pembinaan dan penilaian secara objektif sesuai kondisi yang ada maupun acuan berlaku," pinta Bupati.  

Sumber : riauterkini